seni kriya nusantara dan mancanegara


Seni Kriya Nusantara dan Mancanegara Seni Kriya atau kriya seni adalah salah satu dari cabang seni rupa yang berkembang di Indonesia, disini saya akan membahas sedikit tentang seni kriya Nusantara & contoh seni kriya mancanegara.
Kriya adalah sebuah kegiatan seni yang menitik beratkan atau mengutamakan kepada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis atau seni.
Menurut Wikipedia, Kriya bisa “meminjam” banyak pengetahuan dalam seni rupa murni seperti cara mematung atau mengukir untuk menghasilkan produk, namun tetap dengan tidak terlalu berkonsentrasi kepada kepuasan emosi seperti lazim terjadi misalnya pada karya lukis dan patung. Kriya juga lebih sering mengikuti tradisi daripada penemuan yang sering ditemukan secara individu oleh seorang perupa.

berikut adalah beberapa contoh karya seni kriya Nusantara:

seni seni

seni seni
Sementara seni kriya mancanegara merupakan karya seni yang berkembang di luar negeri, contoh seni kriya mancanegara adalah:
kimono keramik

Sekian artikel saya mengenai Seni Kriya Nusantara dan Mancanegara semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer