Makalah Komunikasi Terapiutik

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
 Komunikasi terapeutik merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi yang akurat dan membina hubungan saling percaya dengan klien sehingga klien akan merasa puas dengan pelayanan keperawatan yang diterimanya. Pada pasien gawat darurat perlu memperhatikan teknik-teknik dan tahapan baku komunikasi terapeutik yang baik dan benar.
Komunikasi terapeutik merupakan cara yang efektif untuk mempengaruhi tingkah laku manusia dan bermanfaat dalam melaksanakan pelayanan  kesehatan di rumah sakit, sehingga komunikasi harus dikembangkan secara terus – menerus ( Kariyo, 1998 ). Hubungan antara perawat dan klien yang terapeutik bisa terwujud dengan adanya interaksi yang terapeutik antar keduanya, interaksi tersebut harus dilakukan sesuai dengan tahapan – tahapan baku interaksi terapeutik perawat klien, tahapan  itu adalah tahap pre orientasi, tahap orientasi, tahap kerja dan tahap terminasi ( Stuart and Sunden.1998 ).   Pelayanan kesehatan menggunakan komunikasi yang langsung seperti pelayanan kesehatan, rumah sakit merupakan tempat untuk mendapatkan pelayanan baik yang bersifat medik maupun keperawatan.

Gawat Darurat adalah keadaan klinis pasien yang membutuhkan tindakan medis segera guna penyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan lebih lanjut (UU no 44 tahun 2009). Gawat darurat adalah Suatu keadaan yang terjadinya mendadak mengakibatkan seseorang atau banyak orang memerlukan penanganan / pertolongan segera dalam arti pertolongan secara cermat, tepat dan cepat. Apabila tidak mendapatkan pertolongan semacam itu maka korban akan mati atau cacat / kehilangan anggota tubuhnya seumur hidup.
Dalam pelaksanaan tindakan denagn klien gawat darurat perawat perlu melakukan komunikasi terapeutik pada klien harus dengan jujur, memberikan gambaran situasi yang sesunguhnya sedang terjadi dengan tidak menambahkan kecemasan dan memberikan suport verbal maupun non verbal . Klien dapat merasakan puas ataupun tidak puas apabila klien sudah mendapatkan pelayanan kesehatan  yang diberikan petugas di IGD, baik yang bersifat fisik, kenyamanan dan keamanan serta komunikasi terpeutik yang baik.




1.2  RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang dapat diambil dari latar belakang diatas yaitu:
1.2.1      Apa pengertian komunikasi ?
1.2.2      Apa pengertian komunikasi terapeutik?
1.2.3      Apa saja komponen komunikasi?
1.2.4      Apa saja factor-faktor yang mempengaruhi komunikasi?
1.2.5      Apa saja jenis komunikasi?
1.2.6      Bagaimana aplikasi komunikasi dalam keperawatan?
1.2.7      Bagaimana komunikasi dalam hubungan terapeutik perawat-klien?
1.2.8      Apa pengertian gawat darurat?
1.2.9      Bagaimana konsep dasar keperawatan gawat darurat?
1.2.10  Bagaimana komunikasi dalam SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu)?
1.2.11  Apa tujuan komunikasi pada gawat darurat?
1.2.12  Bagaimana fase-fase dalam komunikasi terapeutik gawat darurat?
1.2.13  Bagaimana prinsip komunikasi gawat darurat?
1.2.14  Bagaimana teknik komunikasi gawat darurat?

1.3  TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan yang dapat diambil dari rumusan masalah diatas yaitu:
1.3.1      Untuk mengetahui pengertian komunikasi.
1.3.2      Untuk mengetahui pengertian komunikasi terapeutik.
1.3.3      Untuk mengetahui komponen komunikasi.
1.3.4      Untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi komunikasi.
1.3.5      Untuk mengetahui jenis komunikasi.
1.3.6      Untuk mengetahui aplikasi komunikasi dalam keperawatan.
1.3.7      Untuk mengetahui komunikasi dalam hubungan terapeutik perawat-klien.
1.3.8      Untuk mengetahui pengertian gawat darurat.
1.3.9      Untuk mengetahui konsep dasar keperawatan gawat darurat.
1.3.10  Untuk mengetahui komunikasi dalam SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu).
1.3.11  Untuk mengetahui tujuan komunikasi pada gawat darurat.
1.3.12  Untuk mengetahui fase-fase dalam komunikasi terapeutik gawat darurat.
1.3.13  Untuk mengetahui prinsip komunikasi gawat darurat.
1.3.14  Untuk mengetahui teknik komunikasi gawat darurat.

1.4  MANFAAT PENULISAN
      Adapun manfaat dari penulisan makalah ini yaitu:
a.       Manfaat teoritis: Secara teoritis makalah ini bermanfaat untuk menambah wawasan tentang materi.
b.      Manfaat praktis
1.       Bagi Mahasiswa
Mahasiwa dapat mengetahui dan memahami mengenai materi Komunikasi Terapeutik dalam Keadaan Gawat Darurat.
2.      Bagi Dosen
Dosen dapat menilai kinerja mahasiwa dalam pembuatan makalah khususnya tentang materi Komunikasi Terapeutik dalam Keadaan Gawat Darurat, serta dosen dapat memberikan materi bukan hanya dengan teori tetapi juga dengan pemecahan masalah yang di tuangkan dalam bentuk makalah.

1.5  METODE PENULISAN
Adapun metode penulisan dalam penulisan makalah ini adalah:
Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan makalah yang berjudul “Komunikasi Terapeutik dalam Keadaan Gawat Darurat” ini  berdasarkan informasi didapat dari jaringan internet.









BAB II
PEMBAHASAN

2.1  PENGERTIAN KOMUNIKASI
Dalam kata communis terdapat makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Jadi, Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Komunikasi dapat terjadi jika ada persamaan antara penyampaian pesan dengan orang yang menerima pesan.
Pengertian Komunikasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI terbitan Balai Pustaka, 2002), komunikasi adalah: (1) Pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, hubungan, kontak. (2). Perhubungan.
Secara ilmiah, berikut saya lampirkan pandangan beberapa ahli tentang pengertian komunikasi:
A.    Hafield Cangara
Hafield menyatakan suatu definisi baru mengenai pengertian komunikasi, ia menyatakan bahwa “komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian”.
B.     Everett M. Rogers
Everett berpendapat bahwa “Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka atau penerima”.



C.    Onong Uchjana Effendy
Ia mengungkapkan pengertian dari komunikasi adalah “proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain”. Pikiran tersebut bisa merupakan informasi, gagasan, opini, dll yang muncul dari pikirannya sendiri.
D.    Deddy Mulyana (2005) mengkategorikan definisi-definisi tentang komunikasi dalam tiga konseptual yaitu:
Komunikasi sebagai tindakan satu arah
Suatu pemahaman komunikasi sebagai penyampaian pesan searah dari seseorang (atau lembaga) kepada seseorang (sekelompok orang) lainnya, baik secara langsung (tatap muka) ataupun melalui media, seperti surat (selebaran), surat kabar, majalah, radio, atau televisi. Pemahaman komunikasi sebagai proses searah sebenarnya kurang sesuai bila diterapkan pada komunikasi tatap muka, namun tidak terlalu keliru bila diterapkan pada komunikasi publik (pidato) yang tidak melibatkan tanya jawab. Pemahaman komunikasi dalam konsep ini, sebagai definisi berorientasi-sumber. Definisi seperti ini mengisyaratkan komunikasi semua kegiatan yang secara sengaja dilakukan seseorang untuk menyampaikan rangsangan untuk membangkitkan respon orang lain. Dalam konteks ini, komunikasi dianggap suatu tindakan yang disengaja untuk menyampaikan pesan demi memenuhi kebutuhan komunikator, seperti menjelaskan sesuatu kepada orang lain atau membujuk untuk melakukan sesuatu.
Beberapa definisi komunikasi dalam konseptual tindakan satu arah:
A.       Everet M. Rogers: komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku.
B.       Gerald R. Miller: komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima.
C.       Carld R. Miller: komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan (biasanya lambang-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain (komunkate).
D.       Theodore M. Newcomb: Setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber kepada peneria

2.2  KOMUNIKASI TERAPEUTIK
Komunikasi telah dilakukan manusia, sejak bayi berada dalam kandungan sampai dengan kematian, sehingga bisa dikatakan komunikasi mempunyai umur yang sama tuanya dengan umur kehidupan manusia. Semua tingkah laku merupakan komunikasi (verbal maupun non verbal) dan semua komunikasi akan mempengaruhi tingkah laku, sehingga komunikasi pada dasarnya dapat menjadi suatu alat untuk memfasilitasi hubungan terapeutik atau malahan dapat berfungsi sebagai penghalang terhadap tumbuhnya hubungan yang terapeutik. Fasilitas komunikasi bertujuan untuk memulai, membangun dan membina keterlibatan dan hubungan saling percaya (Wilson & Kneist,1983).
Hakekat komunikasi
a.          Komunikasi merupakan alat untuk membangun hubungan terapeutik.
b.         Komunikasi merupakan alat bagi perawat untuk mempengaruhi tingkah laku klien dan kemudian untuk mendapatkan keberhasilan dalam intervensi keperawatan.
c.          Komunikasi merupakan hubungan itu sendiri, dimana tanpa komunikasi tidak mungkin terjadi hubungan terapeutik perawat-klien.

2.3  KOMPONEN KOMUNIKASI









Komunikasi mempunyai 6 komponen yaitu (Potter & Perry, 1993):
A.    Komunikator : penyampai informasi atau sumber informasi.
B.     Komunikan : penerima informasi, pemberi respon terhadap stimulus.
C.     Pesan : gagasan, pendapat, stimulus, fakta, informasi.
D.    Media : saluran yang dipakai untuk menyampaikan pesan.
E.     Kegiatan “encoding” : perumusan pesan oleh komunikator.
F.      Kegiatan “decoding” : penafsiran pesan oleh komunikan.

2.4  FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMUNIKASI
Proses komunikasi dipengaruhi oleh beberapa faktor (Potter & Perry, 1993):
A.       Perkembangan
Agar dapat berkomunikasi efektif dengan perawat harus mengerti pengaruh perkembangan usia baik dari sisi bahasa, maupun proses berpikir dari orang tersebut. Cara berkomunikasi pada usia remaja dengan usia balita tentunya berbeda, pada usia remaja, anda barangkali perlu belajar bahasa “gaul” mereka sehingga remaja yang kita ajak bicara akan merasa kita mengerti mereka dan komunikasi diharapkan akan lancar.
B.       Persepsi
Persepsi adalah pandangan pribadi seseorang terhadap suatu kejadian atau peristiwa. Persepsi ini. dibentuk oleh harapan atau pengalaman. Perbedaan persepsi dapat mengakibatkan terhambatnya komunikasi.
C.       Nilai
“Nilai adalah bandar yang mempengaruhi perilaku sehingga penting bagi perawat untuk menyadari nilai seseorang. Perawat perlu berusaha untuk mengetahui dan mengklarifikasi nilai sehingga dapat membuat keputusan dan interaksi yang tepat dengan klien. Dalam hubungan profesionalnya diharapkan perawat tidak terpengaruh oleh nilai pribadinya.
D.        Latar Belakang Sosial Budaya Bahasa dan gaya komunikasi akan sangat dipengaruhi oleh faktor budaya. Budaya juga akan membatasi cara bertindak dan berkomunikasi seseorang.
E.         Emosi
Emosi merupakan perasaan subyektif terhadap suatu kejadian, seperti marah dan sedih akan dapat mempengaruhi perawat dalam berkomunikasi dengan orang lain. Perawat perlu mengkaji emosi klien dan keluarganya sehingga perawat mampu memberikan asuhan keperawatan dengan tepat. Selain itu perawat juga perlu mengevaluasi emosi pada dirinya agar dalam memberikan asuhan keperawatan tidak terpengaruh oleh emosi dibawah sadarnya.
F.         Jenis Kelamin
Setiap jenis kelamin mempunyai gaya komunikasi yang berbeda-beda. Tanned (1990) menyebutkan bahwa wanita dan laki-laki mempunyai perbedaan gaya komunikasi. Dari usia 3 tahun wanita ketika bermain dalam kelompoknya menggunakan bahasa untuk mencari kejelasan, meminimalkan perbedaan, serta membangun dan mendukung keintiman, sedangkan laki-laki menggunakan bahasa untuk mendapat kemandirian diri aktivitas bermainnya, di mana jika mereka ingin berteman maka mereka melakukannya dengan bermain.
G.        Pengetahuan
Tingkat pengetahuan akan mempengaruhi komunikasi yang dilakukan. Seseorang yang tingkat pengetahuannya rendah akan sulit merespon pertanyaan yang mengandung bahasa verbal dibanding dengan tingkat pengetahuan tinggi. Perawat perlu mengetahui tingkat pengetahuan klien sehingga perawat dapat berinteraksi dengan baik dan akhirnya dapat memberikan asuhan keperawatan yang tepat pada klien.
H.       Peran dan hubungan
Gaya komunikasi sesuai dengan peran dan hubungan antar orang yang berkomunikasi. Cara komunikasi seseorang perawat dengan koleganya, dengan cara komunikasi seorang perawat pada klien akan berbeda tergantung perannya. Demikian juga antara guru dengan murid.
I.          Lingkungan
Lingkungan interaksi akan mempengaruhi komunikasi yang efektif. Suasana bising, tidak ada privacy yang tepat akan menimbulkan kerancuan, ketegangan dan ketidaknyamanan.
J.           Jarak
Jarak dapat mempengaruhi komunikasi. Jarak tertentu menyediakan rasa aman dan kontrol. Dapat dimisalkan dengan individu yang merasa terancam ketika seseorang tidak dikenal tiba-tiba berada pada jarak yang sangat dekat dengan dirinya. Hal itu juga yang dialami oleh klien pada saat pertama kali berinteraksi dengan perawat. Untuk itu perawat perlu memperhitungkan jarak yang tepat pada saat melakukan hubungan dengan klien.

2.5  JENIS KOMUNIKASI
A.    Komunikasi Verbal
Hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi Verbal (Leddy, 1998) :
1.      Masalah tehnik
Seberapa akurat komunikasi tersebut dapat mengirimkan simbol dari komunikasi.
2.      Masalah semantic
Seberapa tepat simbol dalam mengirimkan pesan yang dimaksud.
3.      Masalah pengaruh
Seberapa efektif arti yang diterima mempengaruhi tingkah laku.
Menurut Ellis dan Nowlis (1994) hal yang diperhatikan dalam komunikasi verbal :
1.  Penggunaan bahasa : kejelasan, keringkasan, dan sederhana.
2.  Kecepatan
3.  Voice tone : menunjukkan gaya dari ekspresi yang digunakan dalam bicara dan dapat merubah arti dari kata.

B.  Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non verbal merupakan komunikasi yang tidak melibatkan bicara dan tulisan. Sebesar 90% dari arti komunikasi berasal dari komunikasi non verbal (Hunsaker cit.Leddy, 1998). Adapun tujuan dari komunikasi non verbal (Stuart & Sundeen, 1995) adalah :
1.        Mengekspresikan emosi
2.        Mengekspresikan tingkah laku interpersonal
3.        Membangun, mengembangkan dan memelihara interaksi sosial
4.        Menunjukkan diri terlibat dalam ritual
5.        Mendukung komunikasi verbal
Komunikasi non verbal terdiri dari : Kinesics, Paralanguage, Proxemics , Sentuhan, Cultural artifact, Gaya berjalan, Penampilan fisik umum.
1.  Kinesics Ekspresi muka, Gesture (gerak, isyarat, sikap), Gerakan tubuh dan posture, Gerak mata atau kontak mata.
2.  Paralanguage
a.         Kualitas suara : irama, volume, kejernihan.
b.    Vokal tanpa bahasa : suara tanpa adanya struktur linguistik, misalnya sedu sedan, tertawa, mendengkur, mengerang, merintih, hembusan nafas, nafas panjang.
3.  Proxemics
a.  Jarak intim (sampai dengan 18 inchi)
b. Jarak personal (18 inchi – 4 kaki) untuk interaksi dengan seseorang yang dikenal.
c.  Jarak social (4 kaki – 12 kaki) untuk interaksi mengenai suatu urusan tetapi bukan orang khusus/tertentu.
d. Jarak publik (lebih dari 12 kaki) untuk pembicaraan formal.
4.  Sentuhan
Sentuhan penting dilakukan pada situasi emosional. Sentuhan dapat menunjukkan arti “saya peduli”. Bentuk – bentuk sentuhan :
a.             Fungsional – professional
b.             Social – sopan
c.             Sahabat – hangat
d.            Cinta – keintiman
e.             Sexual arousal
5.  Cultural artifact
Hal-hal yang ada dalam interaksi seseorang dengan orang lain yang mungkin bertindak sebagai rangsang non verbal misalnya :baju, kosmetik, parfum/bau badan, perhiasan, kacamata, dll.
6.  Gaya berjalan
Beberapa gaya berjalan menunjukkan pesan tertentu, antara lain cara berjalan yang bersemangat dan gembira akan menunjukkan seseorang tersebut dalam keadaan sehat.

7.  Penampilan fisik umum
Kulit kering, berkerut akan mengkomunikasikan pada kita bahwa orang tersebut sedang mengalami kekurangan cairan/dehidrasi, pola napas cepat menunjukkan seseorang sedang merasa cemas.

2.6  APLIKASI KOMUNIKASI DALAM PRAKTIK KEPERAWATAN
Komunikasi dalam Praktik keperawatan profesional merupakan unsur utama bagi perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan untuk mencapai hasil yang optimal. Kegiatan keperawatan yang memerlukan komunikasi meliputi :
A.       Timbang terima/operan;
B.        Interview/ anamnesa;
C.        Komunikasi melalui komputer;
D.       Komunikasi rahasia klien;
E.        Komunikasi melalui sentuhan;
F.         Komunikasi dalam pendokumentasian;
G.       Komunikasi antara perawat dan profesi kesehatan lainnya;
H.       Komunikasi antara perawat dan pasien, pada saat melakukan tindakan keperawatan atau pendidikan kesehatan.
Prinsip yang harus diterapkan oleh perawat pada komunikasi ini adalah:
A.       Hindari komunikasi yang terlalu formal atau tidak tepat. Ciptakan suasana yang hangat, kekeluargaan.
B.        Hindari interupsi, atau gangguan yang timbul akibat dari lingkungan yang gaduh.
C.        Hindari respon dengan kata hanya “ya atau tidak”. Respon tersebut akan mengakibatkan tidak berjalannya komunikasi dengan baik, karena perawat kelihatan kurang tertarik dengan topik yang dibicarakan dan enggan untuk berkomunikasi.
D.       Jangan memonopoli pembicaraan.
E.        Hindari hambatan personal. Jika perawat sebelum komunikasi menunjukkan rasa tidak senang kepada klien, maka keadaan ini akan berdampak terhadap hasil yang didapat selama proses komunikasi.

2.7  KOMUNIKASI DALAM HUBUNGAN TERAPEUTIK PERAWAT – KLIEN
Pada dasarnya sebelum suatu hubungan terjalin perlu sekali melakukan analisa diri, khususnya perawat di sini terdapat 4 fokus analisa diri: kesadaran diri, eksplorasi perasaan, klarifikasi nilai role model dan rasa tanggung jawab Yang akan dibahas hanya kesadaran diri saja, selebihnya akan dibahas pada hubungan terapeutik perawat-klien. Seorang Perawat perlu menyadari tentang “siapa dirinya” atau kesadaran diri, di mana pada tingkatan ini diperlukan komunikasi intrapersonal. Untuk menuju kesadaran diri diperlukan: mempelajari diri sendiri, belajar dari orang lain, dan membuka diri, ini secara tidak langsung akan mendorong seseorang untuk melakukan komunikasi dengan orang lain/ komunikasi interpersonal. Untuk meningkatkan kesadaran diri perlu dipahami tentang teori jendela Johari:
Dengan teori tersebut dapat dijelaskan bahwa:
1.      Perubahan satu kuadran akan mempengaruhi kuadran lain.
2.      Individu yang memiliki pemahaman diri rendah menunjukkan komunikasi yang buruk (gambar b).
3.      Individu yang memiliki pemahaman diri tinggi menunjukkan komunikasi yang baik (gambar a).
Upaya meningkatkan kesadaran diri kadang menyakitkan dan tidak mudah, khususnya jika ditemukan konflik dengan ideal diri seseorang. Untuk itulah kita membutuhkan komunikasi sebagai alat. Perawat disini perlu memahami 4 fokus analisa diri :
1.  Kesadaran diri.
Kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri baik perilaku, perasaan maupun pikirannya sendiri. Kesadaran diri dapat dilakukan dengan :
a.  Mempelajari diri sendiri.
b.  Belajar dari orang lain.
c.  Membuka diri.
2.  Eksplorasi perasaan
Eksplorasi perasaan dilakukan terhadap hubungan seseorang dengan lingkungan luar/interaksinya dengan orang lain. Dengan menyadari perasaan kita sebelum bertemu dengan orang lain kita akan menyadari bahwa kita mungkin merasa cemas, bahwa nanti kecemasan itu akan membuat kita berkeringat sangat banyak, sehingga kita perlu mengantisipasinya dengan membawa saputangan misalnya. Bagi perawat, eksplorasi perasaan merupakan hal yang perlu dilakukan agar perawat terbuka dan sadar terhadap perasaannya sehingga dia dapat mengontrol perasaanya agar ia dapat menggunakan dirinya secara terapeutik
3.  Klarifikasi nilai.
Nilai adalah konsep dimana seseorang memiliki standar mengenai hal-hal yg pantas dilakukan (Stuart&Sundeen, 1995). Klarifikasi nilai perlu dilakukan karena nilai itu bermacam-macam, dan dari sinilah seorang yang proaktif mendasarkan pemilihan responnya. Pemilihan respon perlu didasarkan pada nilai, nilai/standar perilaku yg pantas tersebut bila ditetapkan sebagai prinsip maka nilai akan menjadi pusat kehidupan.
4.   Role model dan rasa tanggung jawab.
Perawat dapat menjadi model apabila perawat tersebut dapat memenuhi dan memuaskan kehidupan pribadi serta tidak didominasi oleh konflik, distress atau pengingkaran dan memperlihatkan perkembangan serta adaptasi yang sehat. Perawat dituntut dapat bertanggung jawab dalam pelaksanaan asuhan keperawatan berdasarkan kode etik yang ditetapkan.

2.8  PENGERTIAN GAWAT DARURAT
Gawat Darurat adalah keadaan klinis pasien yang membutuhkan tindakan medis segera guna penyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan lebih lanjut (UU no 44 tahun 2009). Gawat darurat adalah Suatu keadaan yang terjadinya mendadak mengakibatkan seseorang atau banyak orang memerlukan penanganan / pertolongan segera dalam arti pertolongan secara cermat, tepat dan cepat. Apabila tidak mendapatkan pertolongan semacam itu maka korban akan mati atau cacat / kehilangan anggota tubuhnya seumur hidup.
2.9  KONSEP DASAR KEPERAWATAN GAWAT DARURAT
A.    Klien Gawat Darurat
Pasien yang tiba-tiba berada dalam keadaan gawat atau akan menjadi gawat dan terancam nyawanya atau anggota badannya (akan menjadi cacat) bila tidak mendapat pertolongan secepatnya misalnya :sumbatan jalan napas atau distress napas, luka tusuk dada/perut dengan shock dan sesak, hipotensi / shock.
B.     Pasien Gawat Darurat
Pasien yang tiba-tiba dalam keadaan gawat atau akan menjadi gawat dan terancam nyawanya dan atau anggota badannya (akan menjadi cacat) bila tidak mendapatkan pertolongan secepatnya. Bisanya di lambangkan dengan label merah. Misalnya AMI (Acut Miocart Infac).
C.     Pasien Gawat Tidak Darurat
Pasien berada dalam keadaan gawat tetapi tidak memerlukan tindakan darurat. Bisanya di lambangkan dengan label biru. Misalnya pasien dengan Ca stadium akhir.
D.    Pasien Darurat Tidak Gawat
Pasien akibat musibah yang datang tiba-tiba, tetapi tidak mengancam nyawa dan anggota badannya. Bisanya di lambangkan dengan label kuning. Misalnya : pasien Vulnus Lateratum tanpa pendarahan.
E.     Pasien Tidak Gawat Tidak Darurat
Pasien yang tidak mengalami kegawatan dan kedaruratan. Bisanya di lambangkan dengan label hijau. Misalnya : pasien batuk, pilek.
F.      Pasien Meninggal
Label hitam ( Pasien sudah meninggal, merupakan prioritas terakhir). Adapun petugas triage di lakukan oleh dokter atau perawat senior yang berpengalaman dan petugas triage juga bertanggung jawab dalam operasi,pengawasan penerimaan pasien dan daerah ruang tunggu.
Selain dari penjelasan di atas di butuhkan pemahaman dampak atau psikologis pada saat keadaan gawat darurat. Aspek psikologis pada situasi gawat darurat :
1.      Cemas
Cemas sering dialami oleh hampir semua manusia. Perasaan tersebut ditandai oleh rasa ketakutan, tidak menyenangkan, seringkali disertai oleh gejala otonomik, seperti nyeri kepala, berkeringat, palpitasi, gelisah, dan sebagainya. Kumpulan gejala tertentu yang ditemui selama kecemasan cenderung bervariasi, pada setiap orang tidak sama.
2.      Histeris
Dalam penggunaan sehari-hari nya histeria menjelaskan akses emosi yang tidak terkendali. Orang yang "histeris" sering kehilangan kontrol diri karena ketakutan yang luar biasa karena suatu kejadian atau suatu kondisi.
3.      Mudah marah
Hal ini terjadi apabila seseorang dalam kondisi gelisah dan tidak tahu apa yang harus di perbuat

2.10        KOMUNIKASI DALAM SPGDT (SISTEM PENANGGULANGAN  GAWAT DARURAT TERPADU)
SPGDT (sistem penanggulangan gawat darurat terpadu) adalah suatu sistem pelayanan penderita gawat darurat yang terdiri dari unsur pelayanan pra rumah sakit, pelayanan di rumah sakit dan pelayanan antar rumah sakit. Pelayanan berpedoman pada respon cepat yang menekankan time saving is life saving. yang melibatkan pelayanan oleh masyarakat awam umum, awam khusus, petugas medis, pelayanan ambulan gawat darurat dan sistem komunikasi.
l  Fase pra rumah sakit
Fase pelayanan pra rumah sakit adalah pelayanan kepada penderita gawat darurat yang melibatkat masyarakat atau orang awam dan petugas kesehatan. Pada umunya yang pertama yang menemukan penderita gawat darurat di tempat musibah adalah masyarakat yang dikenal oleh orang awam. Oleh karena bermanfaat bila orang awam diberi dan dilatih pengetahuan dan keterampilan penanggulanganan gawat darurat. Komunikasi yang dilakukan pada fase pra rumah sakit yaitu dengan meyakinkan warga bahwa seorang perawat, mengecek kesadaran korban dengan memanggil nama korban, menghubungi organisasi gawat darurat terdekat untuk pertolongan lanjut ke rumah sakit.
Contoh : di jalan terjadi kecelakaan kemudian penderita gawat darurat ditolong masyarakat yang telah mendapatkan pelatihan untuk gawat darurat, warga tadi menolong penderita gawat darurat mengamankan korban di tempat yang lebih aman, melakukan pertolongan di tempat kejadian seperti menolong menghentikan pendarahan, kemudian melaporkan korban ke organisasi pelayanan kegwatdaruratan terdekat, pengangkutan untuk pertolongan lanjut dari tempat kejadian ke rumah sakit.
l Fase pelayanan rumah sakit
Fase pelayanan rumah sakit adalah fase pelayanan yang melibatkan tenagan kesehatan yang dilakukan di dalam rumh sakit seperti pertolongan di unit gawat darurat. Komunikasi yang dilakukan pada tahap ini sama dengan komunikasi terapeutik, tetapi dalam hal ini tindakan yang cepat dan tepat lebih utama dilakukan kepada korban.
Contoh : ada korban kecelakaan yang menglami pendarahan masuk ke UGD, perawat menayakan identitas klien kemudian melakukan pemasangan infus untuk menganti cairan yang keluar, dengan menjelaskan tujuan pemasangan infus dengan sigkat dan jelas.
l  Pelayanan antar rumah sakit ( rujukan )
Fase pelayanan antar rumah sakit ( rujukan ) adalah fase pelayanan yang melibatkan petugas kesehatan dengan petugas kesehatan rumah sakit lain atau rumah sakit satu dengan rumah sakit yang lain sebagai rujukan. Tindakan ini dilakukan apabila korban membutuhkan penanganan lebih lanjut tetapi rumah sakit yang pertama tidak bisa memberi pertolongan sehinga dirujuk ke rumah sakit lain yang bisa menanggani korban tersebut.
Contoh : korban kecelakaan parah di bawa ke salah satu rumah sakit tetap dirumahsakit tersebut tidak terdapat peralatan yng harus digunakan segera untuk pertolongan, kemudian rumahsakit tersebut menghubungi rumah sakit lain yang lebih cepat menangani, setelah itu pasien di kirim ke rumah sakit yang telah di hubungi tadi.
2.11        TUJUAN KOMUNIKASI PADA GAWAT DARURAT
Fungsi komunikasi terapeutik adalah untuk mendorong dan menganjurkan kerjasama antar perawat dan klien melalui hubungan perawat dan klien. Perawat berusaha mengungkap perasaan, mengidentifikasi dan mengkaji masalah serta mengevaluasi tindakan yang dilakukan dalam perawatan (Purwanto, 1994). Tujuan komunikasi terapeutik pada klien gawat darurat menciptakan kepercayaan antara perawat dengan klien yang mengalami kondisi kritis atau gawat darurat dalam melakakan tindakan, sehingga klien cepat tertolong dan tidak terjadi hal yang fatal. Upaya pelayanan komunikasi medik untuk penangguangan penderita gawat darurat pada dasarnya pelayanan komunikasi di sektor kesehatan terdiri dari:
1. Komunikasi kesehatan
Sistem komunikasi ini digunakan. untuk menunjang pelayanan kesehatan di bidang administrative.
2. Komunikasi medis
             Sistem komunikasi ini digunakan untuk menunjang pelayanan kesehatan di bidang teknis-medis.
a. Tujuan
Untuk mempermudah dan mempercepat penyampaian dan penerimaan informasi datam rnenanggulangi penderita gawat darurat.

b. Fungsi komunikasi medis dalam penanggulangan penderita gawat darurat adalah:
1. Untuk memudahkan masyarakat dalam meminta pertolongan kesarana kesehatan (akses kedalam sistim GD)
2. Untuk mengatur dan membimbing pertolongan medis yang diberikan di tempat kejadian dan selama perjalanan kesarana kesehatan yang lebih memadai.
3. Untuk mengatur dan memonitor rujukan penderita gawat darurat dan puskesmas ke rumah sakit atau antar rumah sakit.
4. Untuk mengkordinir penanganan medik korban bencana.

2.12  FASE-FASE DALAM KOMUNIKASI TERAPEUTIK GAWAT                         DARURAT
 Fase komunikasi terapeutik terdiri dari 4 fase, yaitu :
1.  Fase Pra-Interaksi
Fase pra-interaksi dimulai sebelum kontak pertama dengan klien. Perawat mengeksplorasi perasaan, fantasi dan ketakutannya sehingga kesadaran dan kesiapan perawat untuk melakukan hubungan dengan klien dapat dipertanggungjawabkan. Pra-interaksi :
A.           Eksplorasi perasaan, fantasi dan ketakutan sendiri.
B.           Analisa kekuatan-kelemahan professional.
C.           Dapatkan data tentang klien jika mungkin.
D.           Rencanakan pertemuan pertama.
2. Fase Orientasi
Tahap dimana seorang perawat menggali keluhan-keluhan yang dirasakan oleh klien atau pasien dengan tanda dan gejala yang lain untuk memperkuat diagnosa keperawatan. Fase orientasi terdiri dari:
A. Pengenalan
B. Persetujuan Komunikasi
C. Program Orientasi yang meliputi :
- Penentuan batas hubungan
- Pengidentifikasian masalah
- Mengkaji tingkat kecemasan diri sendiri dan pasien
- Mengkaji apa yang diharapkan
3. Fase Kerja
Fase kerja ini perawat mengimplementasikan rencana keperawatan yang dibuat pada tahap orientasi, perawat juga membantu klien mengatasi kecemasan, meningkatan kemandirian dan tanggungjawab diri sendiri.
4. Fase Terminasi
Fase terminasi merupakan fase persiapan mental untuk membuat perencanaan tentang kesimpulan pengobatan yang telah didapatkan. Dan juga berfungsi untuk mengantisipasi masalah yang akan timbul. Pada tahap ini interaksi akan diakhiri.

2.13 PRINSIP KOMUNIKASI GAWAT DARURAT
Ciptakan lingkungan terapeutik dengan menunjukan prilaku dan sikap seperti:
A.       Caring ( sikap pengasuhan yang ditunjukan peduli dan selalu ingin memberikan bantuan)
B.       Acceptance (menerima pasien apa adanya)
C.       Respect (hormati keyakinan pasien apa adanya)
D.       Empaty (merasakan perasaan pasien)
E.        Trust (memberi kepercayaan)
F.        Integrity (berpegang pada prinsip profesional yang kokoh)
G.       Identifikasikan bantuan yang diperlukan
H.       Terapkan teknik komunikasi: terfokus, bertanya, dan validasi
I.          Bahasa yang mudah dimengerti
J.          Pastikan hubungan profesional dimengerti oleh pasien/keluarga
K.       Motivasi dan hargai pendapat & respon klien
L.        Hindari: menyalahkan, memojokkan, dan memberikan sebutan yang negatif.


2.14 TEKNIK KOMUNIKASI GAWAT DARURAT
1.      Mendengar aktif
Adalah konsentrasi aktif dan persepsi terhadap pesan orang lain yang menggunakan semua indra. Menurut Ellis (1994) mendengarkan orang lain dengan penuh perhatian akan menunjukkan pada orang lain bahwa apa yang dikatakannya adalah penting dan dia adalah orang penting. Mendengarkan juga menunjukkan pesan “anda bernilai untuk saya” dan “saya tertarik padamu”.
2.      Mendengar pasif
Adalah kegiatan mendengar dengan kegiatan non verbal untuk klien. Misalnya dengan kontak mata, menganggukkan kepala dan juga keikutsertaan secara verbal, misalnya “uh huuh”, ‘mmhumm”, “yeah”.
3.      Penerimaan
Adalah mendukung dan menerima informasi dengan tingkah laku yang menunjukkan ketertarikan dan tidak menilai. Penerimaan bukan berarti persetujuan. Menunjukkan penerimaan berarti kesediaan mendengar tanpa menunjukkan keraguan atau ketidaksetujuan. Dikarenakan hal tersebut, perawat harus sadar terhadap ekspresi non verbal. Bagi perawat perlu menghindari : memutar mata keatas, menggelengkan kepala, menurut/memandang dengan muka masam pada saat berinteraksi dengan klien.
Beberapa cara untuk menunjukkan penerimaan (Potter & Perry,1993) :
a.       Mendengar tanpa memotong pembicaraan
b.      Menyediakan umpan balik yang menunjukkan pengertian
c.       Yakin bahwa tanda non verbal sesuai dengan verbal
d.      Hindari mendebat, mengekspresikan keraguan atau usaha untuk merubah pikiran klien.
Tujuh cara untuk memfasilitasi agar memperoleh kemampuan “penerimaan” (Bolton cit.Rungapadiachy,1999) :
a.    Tidak seorangpun dapat diterima secara sempurna
b.   Beberapa orang cenderung lebih diterima daripada orang lain
c.    Tingkat penerimaan seseorang terus menerus berganti
d.   Adalah sangat alami untuk mempunyai sesuatu yang difavoritkan.
e.    Setiap orang dapat lebih menerima
f.    Penerimaan yang berpura-pura adalah suatu hal yang berbahaya untuk suatu hubungan interpersonal.
g.   Penerimaan tidak sama dengan persetujuan.
Contoh :
Klien :“Saya telah melakukan beberapa kesalahan”
Perawat :“Saya ingin mendengar tentang itu. Tidak apa-apa jika anda ingin mendiskusikan hal ini dengan saya.”
4.       Klarifikasi
Klarifikasi sama denga validasi yaitu menanyakan pada klien apa yang tidak dimengerti perawat terhadap situasi yang ada.
Misalnya :
Klien :“Saya seperti patung saja disini.”
Perawat :“Mari kita lihat apakah saya mengerti apa yang bapak maksud dengan “patung”.
5.      Focusing
adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk membatasi area diskusi sehingga percakapan menjadi lebih spesifik dan dimengerti (Stuart & Sundeen, 1995).
6.       Observasi
Observasi merupakan kegiatan mengamati klien, kegiatan ini dilakukan sedemikian rupa sehingga klien tidak menjadi malu atau marah.
7.      Menawarkan informasi
Menyediakan tambahan informasi dengan tujuan untuk mendapatkan respon lebih lanjut. Keuntungan dari tehnik ini adalah akan memfasilitasi komunikasi, mendorong pendidikan kesehatan dan memfasilitasi klien untuk mengambil keputusan. Perawat sebaiknya menghindari pemberian nasehat pada saat pemberian informasi.
8.      Diam (memelihara ketenangan)
Diam dilakukan dengan tujuan untuk mengorganisir pemikiran, memproses informasi, menunjukkan bahwa perawat bersedia untuk menunggu respon.

9.       Assertive
Kemampuan dengan secara meyakinkan dan nyaman mengekspresikan pikiran dan perasaan diri dengan tetap menghargai hak orang lain.
Komunikasi assertive (Smith, 1992) :
a.       Mampu menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan diri dengan tertentu yang secara terus menerus melindungi hak diri dan orang lain.
b.      Memiliki perilaku yang positif mengenai komunikasi dengan jujur/terus terang dan adil.
c.       Merasa nyaman dalam mengontrol perasaan negatif misalnya cemas, tegang, malu atau takut.
d.      Merasa yakin bahwa anda dapat melakukan sendiri dengan jalan tetap menghormati diri dan orang lain.
e.        Menjaga hak diri dan orang lain sama pentingnya.
Tahap – tahap menjadi lebih assertive :
a.    Menggunakan kata “tidak” sesuai kebutuhan
b.   Mengkomunikasikan maksud dengan jelas
c.    Mengembangkan kemampuan mendengar
d.   Pengungkapan komunikasi disertai bahasa tubuh yang tepat
e.    Meningkatkan kepercayaan diri dan gambaran diri
f.    Menerima kritik dengan ramah
g.   Belajar terus menerus
10.  Menyimpulkan
a.       Membawa poin – poin penting dari diskusi untuk meningkatkan pemahaman
b.      Memberi kesempatan untuk mengklarifikasi komunikasi agar sama dengan ide dalam pikiran (Varcarolis,1990)
11.  Giving recognition (memberi pengakuan/penghargaan.
Memberi penghargaan merupakan tehnik untuk memberikan pengakuan dan menandakan kesadaran (Schult & Videbeck,1998).
Misalnya, Perawat : “Saya melihat anda sudah bisa memakai baju dengan rapi hari ini”, “Saya melihat anda tampak segar dan bersih hari ini”.
12.   Offering self (menawarkan diri)
adalah menyediakan diri tanpa respon bersyarat atau respon yang diharapkan (Schult Videbeck,1998).
Misalnya, Perawat : “Aku akan duduk menemanimu selama 15 menit.”
13.   Offering general leads (memberi petunjuk umum)
Mendukung klien untuk meneruskan (Schult & Videbeck,1998).
Misalnya : “Dan kemudian?”, “Teruskan…”.
14.   Giving broad opening (memberi pertanyaan terbuka)
Memberikan inisiatif pada klien, mendorong klien untuk menyeleksi topik yang akan dibicarakan.
Misalnya : “Darimana anda akan mulai?”Apa yang anda pikirkan pagi ini?”. Kegiatan ini akan bernilai apabila klien menunjukkan penerimaan dan nilai dari inisiatif klien dan akan menjadi non terapeutik apabila perawat mendominasi interaksi dan menolak respon klien.
15.  Placing the time in time (menempatkan urutan/waktu)
Melakukan klarifikasi antara waktu dan kejadian atau antara satu kejadian dengan kejadian lain (Schult & Videbeck,1998). Misalnya : “Hal itu terjadi sebelum atau sesudah?…Apa yang terjadi sebelumnya?”.
16.  Encourage descrip. of perception (mendukung deskripsi dari persepsi)
Meminta pada klien mengungkapkan secara verbal apa yang dirasakan atau diterima (Schult & Videbeck,1998). Misalnya : “Apa yang terjadi?Ceritakan apa yang anda alami?”
17.  Encourage comparison (mendukung perbandingan)
Menanyakan pada klien mengenai kesamaan atau perbedaan (Schult & Videbeck, 1998). Misalnya: “Apakah hai ini pernah terjadi sebelumnya? Apakah hal ini mengingatkanmu pada sesuatu hal?”
18.  Restating (mengulang)
Pengulangan pikiran utama yang diekspresikan klien (Stuart & Sundeen, 1995). Misalnya: “Anda berkata bahwa ibu Anda meninggalkan Anda saat Anda berumur 5 tahun”. Teknik ini bernilai terapeutik ditandai dengan perawat mendengar dan melakukan validasi, mendukung klien dan memberikan perhatian terhadap apa yang baru saja dikatakan klien. Teknik ini juga bisa digunakan pada saat kita akan klarifikasi, misalnya : Klien: “Saya benci tempat ini. Saya tidak betah di sini!” Perawat: “Anda tidak ingin ada di sini?”
19.  Reflecting (refleksi)
Mengembalikan pikiran dan perasaan klien (Schult & Videbeck, 1998). Mengembalikan ide, perasaan dan pertanyaan kepada klien (Stuart & Sundeen, 1995). Digunakan pada saat klien menanyakan pada perawat tentang penilaian atau persetujuan. Misalnya: Klien: “haruskah saya pulang akhir minggu ini?” Perawat: “menurut Anda haruskah Anda pulang akhir minggu ini?”
20.  Exploring (eksplorasi)
Mempelajari suatu topik lebih mendalam. Misalnya: “ceritakan pada tentang apa yang telah Anda gambarkan tadi”.
21.  Presenting reality (menghadirkan realitas/ kenyataan)
Menyediakan informasi dengan perilaku yang tidak menilai. Misalnya: “Saya tidak mendengar seorang pun bicara”, “Saya adalah yang merawat Anda”, “Ini adalah rumah sakit”.
22.  Voucing doubt (menyelipkan keraguan)
Menyelipkan persepsi perawat mengenai realitas. Misalnya: “Saya melihat bahwa hal itu sulit untuk dipercaya.” Teknik ini digunakan pada saat perawat ingin member petunjuk pada klien mengenai penjelasan lain.












BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Komunikasi yang dilakukan kepada pasien yang dalam kondisi gawat darurat yaitu dengan komunikasi seperti komunikasi terapiotik lain, tetapi dalam hal ini yang lebih di utamakan dalam mengatasi gawat darurat adalah tindakan yang akan diberikan kepada pasien harus lebih cepat dan tepat. Komunikasi terapeutik yang dilakukan pada keadaan gawat darurat juga juga perlu untuk memperhatika prinsip dan teknik untuk mencapai tujuan dari komunikasi dalam keadaan gawat darurat..
3.2 Saran
Diharapkan kita sebagai calon perawat bisa professional dalam melakukan komunikasi terapeutik pada saat dilapangan. Sehingga pasien yang kita tangani merasa nyaman saat kita rawat.






















DAFTAR PUSTAKA

Devito,Joseph. 1997. Komunikasi Antar manusia. Jakarta : Professional Book.
Djuarsa, sasa. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta : Universitas Terbuka
Effendy, Onong. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung :
PT.Rosdakarya
Farouk.2004. Praktik Ilmu Komunikasi. Teraju




Komentar

Postingan Populer