Sejarah Gamelan Gong Kebyar (Lengkap)
Gong kebyar adalah sebuah barungan baru. Gong adalah sebuah instrument pukul yang bentuknya bundar
yang mempunyai moncol atau pencon di tengah – tengahnya. Kebyar adalah suatu bunyi yang timbul
dari akibat pukulan alat – alat gambelan secara keseluruhan dan secara bersama
– sama.Sesuai
dengan nama yang diberikan kepada barungan ini Kebyar disini bermakna cepat,
tiba-tiba, dan keras. Gamelan ini menghasilkan musik-musik keras yang dinamis.
Gamelan ini digunakan untuk mengiringi tari-tarian atau memainkan tabuh-tabuhan
yang instrumental. Secara fisik Gong Kebyar adalah pengembangan dari Gong Gede
dengan pengurangan peranan, atau pengurangan beberapa
buah instrumennya. Misalnya saja peranan trompong dalam Gong Kebyar dikurangi, bahkan pada tabuh-tabuh tertentu tidak dipakai sama sekali, gangsa jongkokan yang berbilah lima dirubah menjadi gangsa gantung yang berbilah sembilan atau sepuluh. Cengceng kopyak yang terdiri dari empat sampai enam pasang dirubah menjadi satu atau dua set cengceng kecil. Kendang yang semula dimainkan dengan memakai panggul diganti dengan pukulan tanga.
buah instrumennya. Misalnya saja peranan trompong dalam Gong Kebyar dikurangi, bahkan pada tabuh-tabuh tertentu tidak dipakai sama sekali, gangsa jongkokan yang berbilah lima dirubah menjadi gangsa gantung yang berbilah sembilan atau sepuluh. Cengceng kopyak yang terdiri dari empat sampai enam pasang dirubah menjadi satu atau dua set cengceng kecil. Kendang yang semula dimainkan dengan memakai panggul diganti dengan pukulan tanga.
Secara konsep Gong Kebyar adalah perpaduan antara
Gender Wayang Gong Gede dan Pelegongan. Rasa-rasa musikal maupun pola pukulan
instrumen Gong Kebyar ada kalanya terasa Gender Wayang yang lincah, Gong Gede
yang kokoh atau pelegongan yang melodis. Pola Gagineman Gender Wayang, pola
Gegambangan dan pukulan Kaklenyongan Gong Gede muncul dalam berbagai tabuh Gong
Kebyar. Gamelan Gong Kebyar adalah produk kebudayaan Bali modern. Gamelan gong kebyar yakni sebagai
seni musik tradisional di Bali yang diperkirakan muncul di Kabupaten Singaraja
yakni pada tahun 1915.
Desa yang di sebut-sebut sebagai asal pemunculan Gong Kebyar adalah Jagaraga (Buleleng) yang juga memulai tradisi Tari Kebyar. Ada juga informasi lain yang menyebutkan bahwa Gong Kebyar muncul pertama kali di desa Bungkulan (Buleleng). Perkembangan Gong Kebyar mencapai salah satu puncaknya pada tahun 1925 dengan datangnya seorang penari Jauk yang bernama I Ketut Mario dari Tabanan yang menciptakan sebuah tari Kebyar Duduk atau Kebyar Trompong.
Perkembangan Gong Kebyar di Bali, seperti yang dikutip dalam catatan sukocoterdapat tiga Gamelan kebyar yang berkembang di Bali yaitu :
Desa yang di sebut-sebut sebagai asal pemunculan Gong Kebyar adalah Jagaraga (Buleleng) yang juga memulai tradisi Tari Kebyar. Ada juga informasi lain yang menyebutkan bahwa Gong Kebyar muncul pertama kali di desa Bungkulan (Buleleng). Perkembangan Gong Kebyar mencapai salah satu puncaknya pada tahun 1925 dengan datangnya seorang penari Jauk yang bernama I Ketut Mario dari Tabanan yang menciptakan sebuah tari Kebyar Duduk atau Kebyar Trompong.
Perkembangan Gong Kebyar di Bali, seperti yang dikutip dalam catatan sukocoterdapat tiga Gamelan kebyar yang berkembang di Bali yaitu :
1.
Gamelan
kebyar yang bersumber dari Gong Gede,
2.
Bersumber
dari gamelan palegongan.
3.
Murni
buatan baru.
Yang pertama memiliki embat yang
sesuai dengan embat gamelan gong gede yaitu agak rendah seperti yang banyak
terdapat di Bali Utara. kelompok kedua menggunakan embat sama dengan embat
gamelan palegongan (sumbernya) yaitu agak tinggi seperti yang sebagian besar
terdapat di Bali bagian selatan, Gamelan-gamelan kebyar yang murni buatan baru
sebagian besar ber-embat sedang seperti yang terdapat di berbagai daerah di
Bali dan diluar Bali. Kenyataan ini menunjukan bahwa belum ada standarisasi
embat untuk Gamelan kebyar diBali.
Juga Dinamakan gong kebyar, menurut kutipan catatan ekadarmaputra dalam ISI Denpasar, Gong kebyar ditabuh untuk pertama kalinya menyebabkan terjadinya kekagetan yang luar biasa. Masyarakat menjadi tercengang dan ternak sapi yang sedang diikatkan di ladang dan di kandangnya terlepas dan lari tunggang langgang. Disebutkan juga dalam catatan blog tersebut, gong kebyar merupakan tabuhan bersama dan serentak yang diikuti oleh hampir semua tungguhan pada perangkatnya kecuali tungguhan suling, kajar, rebab, kempul, bebende kemong, kajardanterompong.
Bentuk kebyar merupakan salah satu bagian dari satu kesatuan gending yang letaknya bisa di depan, di tengah atau di bagian akhir. Jenis tabuhan kebyar ini sering digunakan pada iringan tarian maupun tabuh petegak (instrumental). Karena itu kebyar memiliki nuansa yang sangat dinamis, keras dengan satu harapan bahwa dengan kebyar tersebut mampu membangkitkan semangat.
Juga Dinamakan gong kebyar, menurut kutipan catatan ekadarmaputra dalam ISI Denpasar, Gong kebyar ditabuh untuk pertama kalinya menyebabkan terjadinya kekagetan yang luar biasa. Masyarakat menjadi tercengang dan ternak sapi yang sedang diikatkan di ladang dan di kandangnya terlepas dan lari tunggang langgang. Disebutkan juga dalam catatan blog tersebut, gong kebyar merupakan tabuhan bersama dan serentak yang diikuti oleh hampir semua tungguhan pada perangkatnya kecuali tungguhan suling, kajar, rebab, kempul, bebende kemong, kajardanterompong.
Bentuk kebyar merupakan salah satu bagian dari satu kesatuan gending yang letaknya bisa di depan, di tengah atau di bagian akhir. Jenis tabuhan kebyar ini sering digunakan pada iringan tarian maupun tabuh petegak (instrumental). Karena itu kebyar memiliki nuansa yang sangat dinamis, keras dengan satu harapan bahwa dengan kebyar tersebut mampu membangkitkan semangat.
Dalam
perkembangannya gong kebyar munculah istilah gaya Bali Utara dan gaya Bali
Selatan, meskipun batasan istilah ini juga masih belum jelas. Sebagai gambaran
daerah atau kabupaten yang termasuk daerah Bali Utara hanyalah Kabupaten
Buleleng. Sedangkan Kabupaten Badung, Tabanan, dan lain mengambil gaya Bali
Selatan. Disamping itu penggunaan tungguhan gong kebyar di masing-masing daerah
sebelumnya memang selalu berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan maupun
fungsinya.
Struktur Gong Kebyar
Gong Kebyar merupakan salah satu perangkat/barungan gambelan Bali yang terdiri dari lima nada ( panca nada ) dengan laras pelog, tetapi tiap-tiap instrument terdiri sepuluh bilah. Gong Kebyar bagi masyarakat Bali sudah tidak asing lagi, karena hampir seluruh desa maupun banjar yang ada di Bali memiliki satu perangkat/ barungan Gong Kebyar.
Oleh karenanya gong kebyar menjadi satu barungan gambelan tergolong baru jika dibandingkan dengan jenis-jenis gambelan yang ada saat ini seperti misalnya, gambelan Gambang, Gong Gde, Slonding, Semara Pegulingan dan masih banyak yang lainnya.
Barungan gong kebyar terdiri dari :
·
Dua
buah (tungguh) pengugal/giying
·
Empat
buah (tungguh) pemade/gansa
·
Empat
buah (tungguh) kantilan
·
Dua
buah (tungguh) jublag
·
Dua
buah (tungguh) Penyacah
·
Dua
buah (tungguh) jegoggan
·
Satu
buah (tungguh) reong/riyong
·
Satu
buah (tungguh) terompong
·
Satu
pasang gong lanang wadon
·
Satu
buah kempur
·
Satu
buah kemong gantung
·
Satu
buah bebende
·
Satu
buah kempli
·
Satu
buah (pangkon) ceng-ceng ricik
·
Satu
pasang kendang lanang wadon
·
Satu
buah kajar
Di Bali
ada dua macam bentuk perangkat dan gaya utama gambelan gong kebyar yaitu
gambelan gong kebyar Bali Utara dan gambelan gong kebyar Bali Selatan. Kedua
gambelan gong kebyar ini perbedaannya terletak pada :
·
Tungguhan
gangsa, Bali Utara bentuk bilah penjain dan dipacek sedangkan Bali Selatan
menggunakan bentuk bilah kalorusuk dan digantung.
·
Gambelan
Bali Utara kedengarannya lebih besar dari suara gambelan Bali Selatan, meskipun
dalam patutan yang sama.
Dalam perkembangannya gong kebyar munculah istilah gaya Bali
Utara dan gaya Bali
Selatan,
meskipun batasan istilah ini juga masih belum jelas. Sebagai gambaran daerah
atau kabupaten yang termasuk daerah Bali Utara hanyalah Kabupaten Buleleng.
Sedangkan Kabupaten Badung, Tabanan, dan lain mengambil gaya Bali Selatan.
Disamping itu penggunaan tungguhan gong kebyar di masing-masing daerah
sebelumnya memang selalu berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan maupun
fungsinya.
Fungsi
Gong Kebyar
Sebagaimana kita ketahui lewat literatur dan rekaman telah tampak bahwa Gong Kebyar itu telah berfungsi sebagai pembaharu dan pelanjut tradisi. Sebagai pembaharu maksudnya adalah lewat gong kebyar para seniman kita telah berhasil menciptakan gending-geding baru yang lepas dari tradisi yang sudah ada. Sedangkan sebagai pelanjut tradisi maksudnya adalah gong kebyar telah mampu mempertahankan eksistensi reporter gambelan lainnya melalui transformasi dan adaptasi.
Seperti apa yang telah diuraikan di atas bahwa gong kebyar memiliki fungsi untuk mengiringi tari kekebyaran. Namun sesuai dengan perkembangannya bahwa gong kebyar memiliki fungsi yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan gong kebyar memiliki keunikan yang tersendiri, sehingga ia mampu berfungsi untuk mengiringi berbagai bentuk tarian maupun gending-gending lelambatan, palegongan maupun jenis gending yang lainnya. Disamping itu Gong Kebyar juga bisa dipergunakan sebagai salah satu penunjang pelaksanaan upacara agama seperti misalnya mengiringi tari sakral, maupun jenis tarian wali dan balih-balihan. Karena gong kebyar memiliki multi fungsi maka gong kebyar menjadi sumber inspirasi karya baru. Dengan demikian Gong Kebyar telah berfungsi sebagai pembaharu dan pelanjut tradisi. Sebagai pembaharu maksudnya adalah lewat Gong Kebyar para seniman kita telah berhasil menciptakan gending-gending baru yang lepas dari tradisi yang sudah ada. Sedangkan sebagai pelanjut tradisi Gong Kebyar telah mampu mempertahankan eksistensi reporter gambelan lainnya melalui transformasi dan adaptasi. Misalnya dalam gending gong kebyar kita mengenai istilah gegambelan, gender wayang dan gong luang. Juga disebutkan dengan menggunakan iringan gamelan gong kebyar, dalam sejarah drama klasik di Bali, maka drama tersebut berganti nama menjadi drama gong.dan sejak itulah banyak muncul sekaa-sekaa drama gong baru lainnya.
Komentar